Home
Pages
Profil Prodi Kebidanan

Profil Prodi Kebidanan


Prodi D-III Kebidanan Univrab merupakan penyelenggara D-III Kebidanan swasta pertama di Propoinsi Riau. Berdiri pada tahun 2002 dengan SK Mendiknas RI Nomor: 245/D/O/2002 tanggal 12 Oktober 2002, Akbid Abdurrab Pekanbaru berada dibawah naungan Yayasan Abdurrab Pekanbaru yang didirikan Prof. Dr.H. Tabrani Rab beralamatkan di Jl.Riau Ujung no.73 Pekanbaru 28292 Riau Telp. (0761) 38762, 839036 Fax (0761) 7045605 Website : www.univrab.ac.id email : info@univrab.ac.id.

Pada tanggal 7 Juni 2005 Akademik Kebidanan Abdurrab bergabung menjadi Program-program Studi D-III Kesehatan di Universitas Abdurrab berdasarkan SK Izin Mendiknas RI No 75/D/O/2005. Tanggal 1 Mei 2007 D-III Kebidanan Universitas Abdurrab memperoleh prediket Akreditasi A dengan nilai 87,09 yang merupakan nilai Terbaik di Sumatera yang ditetapkan oleh Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) RI di Jakarta.  Pada tahun 2012 D-III Kebidanan juga telah terakreditasi BAN PT.

Pada tahun 2016 Program Studi Diploma Ilmu D-III Kebidanan kembali menerima mahasiswa baru Angkatan XV (T.A 2016/2017). Program Studi Diploma Ilmu D-III Kebidanan menyelenggarakan proses pembelajaran dengan masa studi 6 semester atau 3 tahun dengan beban 116 SKS. Proses pembelajaran terdiri dari perkuliahan, praktikum, dan praktik  klinik.  Perkuliahan dilaksanakan di kelas. Praktikum dilaksanakan di laboratorium.  Praktikum yang dilakukan meliputi :

  1. Praktikum Ante Natal Care (Perawatan ibu hamil)
  2. Praktikum Intra Natal Care (Perawatan ibu bersalin)
  3. Praktikum Post Natal Care (Perawatan ibu nifas)
  4. Praktikum Keterampilan Dasar Praktik Klinik
  5. Praktikum Neonatus, Bayi, dan Balita
  6. Praktikum  Kegawatdaruratan
  7. Praktikum keluarga berencana/kesehatan reproduksi
  8. Praktikum komunitas

Pada kegiatan praktik klinik mahasiswa memperoleh pengalaman langsung memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil, ibu bersalin, bayi baru lahir, neonatus, bayi dan balita, remaja serta lansia. tempat praktik klinik dilaksanakan di Rumah bersalin, klinik, pratama, puskesmas, rumah sakit, serta di tengah masyarakat.

Selain menyelenggarakan kegiatan akademik, Prodi D III Kebidanan juga memberikan pelayanan kepada mahasiswa dalam bentuk pembinaan minat bakat, pembinaan soft skill, bimbingan dan konseling, dan layanan beasiswa.

 Dalam pengembangan minat dan bakat mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan olahraga, pengajian, telaah jurnal serta pembinaan masyarakat. mahasiswa juga mengikuti program mentoring yang dibimbing oleh beberapa orang mentor/ustadzah.   

Di penghujung masa studi, mahasiswa akan menyusun  Laporan Tugas Akhir berdasarkan asuhan kebidanan yang telah dilaksanakan secara komprehensif. Setelah menempuh Ujian Akhir Program (UAP) dan dan dinyatakan lulus, mereka akan dilantik dan disumpah sebagai Tenaga Ahli Madya Kebidanan atau dengan gelar A.Md. Keb oleh Pengurus Organisasi Profesi (IBI). para lulusan Program Diploma Ilmu D-III Kebidanan dapat bekerja di Rumah Sakit Umum/ Swasta, Rumah sakit ibu dan anak, Dinas Kesehatan, puskesmas, klinik pratama, bidan praktik mandiri.